Beranda > TEKNOLOGI > Sejarah Facebook dan cara Buat Account Facebook

Sejarah Facebook dan cara Buat Account Facebook

Facebook dikembangkan oleh Mark Zuckerbeger saat ia masih menjadi mahasiswa di Harvard University, Amerika Serikat. Pertama kali beroperasi pada 4 Februari 2004, Facebook beralamat di http://thefacebook.com. Baru pada tahun 2005, Facebook aktif di domain facebook.com. Hingga saat ini, Facebook terus berkembang dan menjaring banyak anggota. Ratusan juta orang dari seluruh dunia kini terdaftar sebagai anggota aktifnya.

Konsep Web 2.0 melahirkan banyak jejaring sosial. Selain Facebook, masih ada MySpace, Friendster, YouTube, Orkut, hi5, dan nama-nama lain sebagai contohnya. Apa yang membedakan Facebook dari yang lain?

Dari sisi anggota, Facebook bisa dibilang lebih “dewasa”. Penghuninya kebanyakan orang-orang dengan identitas jelas. Bisa dilihat, tujuan mereka bergabung di Facebook bukan sekadar mencari kenalan. Banyak yang memanfaatkan Facebook untuk menjalin relasi dan mempromosikan bisnis.

Sejak Mei 2007, website ini resmi membuka platformnya bagi semua pihak. Platform terbuka ini memberi kesempatan bagi para pengembang aplikasi untuk memperkenalkan aplikasi-aplikasi unik buatan mereka yang juga bisa dinikmati secara gratis oleh pengguna Facebook.

Konsep bisnis “luar biasa” tersebut, selain mendorong inovasi, juga mampu meningkatkan penyebaran beraragam produk aplikasi dan jasa. Terbukti, banyak orang memanfaatkan Facebook sebagai sarana online marketing.

Sekilas Feature Facebook

Meski tampil dengan layout yang rapi dan bersih, Facebook menyediakan beragam fasilitas gaul bagi para penggunanya. Contoh yang paling mendasar adalah fasilitas e-mail dan instant messaging berbasis web. Selain itu, masih banyak fasilitas lain yang bisa membuat proses “membunuh” waktu Anda terasa singkat. Misalnya, feature foto, video, dan Wall untuk menyapa teman di halaman Facebook-nya.

Untuk berpromosi atau menyampaikan opini panjang, Anda bisa memanfaatkan feature Notes. Update terbaru mengenai kegiatanFacebooking teman-teman Anda bisa dipantau di “rumah” Facebook Anda sendiri. Aplikasi News Feed akan menampilkan informasi tersebut. Misalnya, siapa teman yang baru mengganti profil, meng-upload foto, atau menulis Notes.

Satu lagi, Anda tak perlu khawatir menjaga privasi Anda di Facebook. Anda bisa memanfaatkan feature Privacy Control untuk mengatur bagaimana profil Anda dapat dilihat oleh teman-teman orang yang ada dalam jaringan Anda.

REGISTRASI FACEBOOK

Sebelum mendaftarkan diri sebagai pengguna Facebook, Anda harus tahu aturan di website ini. Isu penting dalam konsep jejaring sosial adalah masalah privasi. Jadi, jangan pernah berpikir untuk bergabung di Facebook jika Anda punya tujuan jelek. Mengumpulkan e-mail para pengguna Facebook untuk tujuan spamming atau mengintimidasi anggota lain, misalnya.

Siap untuk mendaftarkan diri di Facebook? Caranya mudah. Masuklah ke http://www.facebook.com. Pilih “Sign Up” untuk melakukan registrasi lalu isi form yang tersedia. Setelah selesai mengisi form, lakukan verifikasi dengan mengetikkan kode verifikasi (captcha) yang tampil di browser Anda.

Selanjutnya, Facebook akan mengirimkan konfirmasi ke alamat e-mail yang Anda dafarkan. Lakukan verfikasi e-mail dengan mengklik link yang ditampilkan dalam e-mail. Sekarang, Anda sudah punya account Facebook. Anda siap menjelajah dan menjaring relasi di website ini.

Anda sudah punya account di Facebook. Sebelum bertualang dengan Facebook, Anda perlu berkenalan lebih dulu dengan lingkungannya.

“RUMAH” ANDA

Setelah login, Anda akan digiring masuk ke “rumah” Facebook Anda, halaman “Home”. Menu-menu yang bisa Anda akses berada di baris atas halaman ini. Menu utama ada di bagian kiri atas terdiri atas “Home”, “Profile”, “Friends”, dan “Inbox”. Sementara itu menu yang berhubungan dengan account Anda ada di sebelah kanan, yakni “Nama Anda”, “Settings”, dan “Logout”.

Di kiri bawah baris menu terdapat boks status. Di situ, Anda bisa mengisi status untuk menunjukkan kegiatan apa yang sedang Anda lakukan. Teman-teman Anda juga bisa mengomentari status tersebut.

Di bawah status, Anda bisa melihat kabar terkini dari teman-teman Anda lewat feature “News Feed”. Misalnya, status apa yang dipasang oleh si A, siapa teman baru si B, atau siapa saja teman Anda yang baru mengganti foto profilnya. Feed ini bisa Anda lihat secara terpisah dengan mengklik salah satu tab yang ada di samping “News Feed”, yakni tab “Status Updates”, “Photos”, Posted Items”, dan “Live Feed”.

“Status Updates” khusus menampilkan status terkini yang dipasang teman-teman Anda di Facebook. “Photos” menampilkan album foto yang di-upload oleh dan menampilkan foto teman-teman Anda. “Posted Items” menampilkan item yang dipajang oleh teman-teman Anda, seperti video, Notes, atau link artikel dari website lain. Sementara “Live Feed” menampilkan semua update terbaru dari teman-teman Anda secara realtime.

Di kanan bawah baris menu, terdapat boks “Request”. Boks ini berisi permintaan. Boks ini berisi permintaan orang yang ingin menambah Anda sebagai teman, mengundang Anda ke suatu event, atau mengajak Anda menggunakan aplikasi tertentu.

Di bawah boks “Request”, ditampilkan aplikasi-aplikasi apa saja yang Anda tambahkan di Facebook Anda. Aplikasi “People You May Know”, yang merupakan alat bantu Anda untuk mencari teman, ada di bawah boks aplikasi itu.

Sekarang, kita beralih ke baris menu di bagian bawah halaman Facebook Anda. Di kiri bawah, terdapat ikon-ikon aplikasi buatan Facebook yang Anda gunakan. Di bagian kanan baris ini, terdapat ikon-ikon notifikasi. Di sini, Anda bisa melihat daftar teman-teman yang sedang online dan chatting dengan mereka. Pengaturan chatting bisa Anda lakukan dengan mengklik ikon chat di pojok kanan bawah halaman Facebook.

PROFIL DAN SETTING ACCOUNT

Sekarang, saatnya melengkapi profile Anda. Pilih menu “Profile” di baris menu atas. Pada tab “Wall”, Anda bisa mengisi status Facebook Anda. Klik tab “Info” untuk mengisi profil Anda, seperti ulang tahun, kegiatan, hobi, e-mail, pendidikan, dan pekerjaan. Profil ini tak harus Anda isi lengkap, cukup sebatas yang Anda ingin orang lain ketahui. Anda bisa meng-upload foto, minimal untuk melengkapi profil Anda, di tab “Photos”.

Setelah selesai mengisi profile, lakukan pengaturan Facebook lewat menu “Settings”. Di sana, ada tiga pilihan pengaturan: “Account Settings”, “Privacy Settings”, dan “Applications Settings”.

Pilih “Account Settings” untuk mengatur account Facebook Anda. Lewat opsi ini, Anda mengganti nama, kontak e-mail, dan password Anda di Facebook. Dari sini, Anda pun bisa mengatur privasi, mengaktifkan Facebook Mobile, atau menonaktifkan account Facebook.

Pengaturan privasi untuk Profile, feature Search, News Feed, dan Walls, serta aplikasi juga bisa dilakukan dengan memilih “Privacy Settings”. Dari sini, Anda pun bisa menentukan siapa saja yang bisa melihat profile Anda, info apa saja dalam profile yang dapat dilihat oleh teman atau orang-orang di jaringan Anda, dan data apa saja yang ingin ditampilkan dalam hasil pencarian profil Anda. Pengaturan privasi juga bisa Anda lakukan untuk membatasi jenis info yang bisa dilihat teman-teman Anda melalui aplikasi-aplikasi yang Anda gunakan di Facebook.

FOTO di FACEBOOK

Feature foto termasuk feature favorite para pengguna Facebook. Lewat feature ini, Anda meng-upload dan membuat album foto. Pada tab “Photos” di profile Anda, pilihlah “Create A Photo Album”. Isikan detail dari album yang ingin dibuat, lalu klik “Create Album” dan pilih foto-foto yang ingin di-upload. Album yang sudah Anda buat bisa diedit, misalnya dengan menambah foto atau mengganti caption untuk album tersebut.

Link dari foto-foto yang telah Anda upload bisa dibagikan ke teman Anda di Facebook atau ke orang lain melalui e-mail. Caranya, klik opsi “Share” di kanan bawah foto yang ingin dikirim. Ketikkan alamat e-mail dan pesan yang ingin disampaikan. Facebook akan mengirimkan link itu ke alamat e-mail tujuan.

Satu lagi hal menarik dari feature foto di Facebook, Anda bisa mencantumkan tag untuk menunjukkan siapa orang yang ada di foto. Untuk memberi tag, pilih “Tag This Photo”. Foto-foto yang Anda upload ke Facebook bisa dikomentari oleh Anda dan orang-orang yang ada di jaringan Anda.

VIDEO

Anda bisa meng-upload video dari halaman profile Anda. Caranya, klik opsi “Add Video” yang terletak di atas boks status. Anda di tawari dua pilihan: merekam video sendiri untuk di-upload atau langsung meng-upload video yang sudah jadi.

Perlu Anda perhatikan, ukuran video yang Anda upload tak boleh lebih dari 1024 MB dan tak boleh lebih panjang dari 20 menit. Video pun harus dibuat oleh Anda atau teman Anda dan harus menampilkan Anda atau salah satu teman Anda.

MENJARING TEMAN ONLINE

Salah satu tujuan bergabung ke Facebook adalah memperluas jaringan pertemanan. Website ini menyediakna beberapa tools untuk mempermudah Anda melakukan ini, yakni People You May Know, Invite Your Friends, Find Your Friends.

Feature People You May Know menampilkan daftar orang yang mungkin Anda kenal. Sumbernya dari relasi Anda di Facebook. Jika Anda mengenal orang yang ada dalam daftar ini, klik “Add as Friend” untuk menambahnya dalam daftar relasi Anda. Jika tidak, Anda bisa langsung menghapus orang itu dengan mengklik tanda silang di sebelah kanan gambar orang itu.

Feature Invite Your Friends bisa Anda gunakan untuk mengundang teman yang belum bergabung dalam Facebook. Sementara feature Find Your Friends membantu Anda mencari teman yang terdaftar dalam kontek e-mail Anda, misalnya di Yahoo, Gmail, atau Hotmail. Anda hanya perlu memasukkan alamat e-mail Anda dan passwordnya. Facebook secara otomatis akan mengirim undangan ke alamat-alamat e-mail di kontak Anda.

Feature Search di Facebook juga bisa Anda manfaatkan untuk melakukan pencarian teman. Caranya, ketik nama orang yang Anda cari pada kotak searh yang ada di pojok kanan atas halaman Facebook.

E-MAIL

Anda bisa mengakses e-mail Anda lewat menu “Inbox”. Untuk menampilkan pesan-pesan yang ada dalam Inbox, pilih opsi “View Message Inbox”. Untuk menyusun pesan baru, pilih “Compose New Message”. Beda dengan status atau pesan di Wall, semua pesan yang ada dalam Inbox bersifat personal dan hanya bisa dilihat oleh pengirim dan penerimanya.

CHATTING

Feature lain yang perlu Anda jajal di Facebook adalah chatting. Feature ini bisa Anda temukan di pojok kanan bawah halaman Facebook. Cek siapa saja teman Anda yang sedang online dengan mengklik opsi “Online Friends”, lalu pilih siapa teman yang ingin Anda ajak ber-chatting.

POKE

Istilah Poke diartikan menyapa “halo” ke teman Anda. Untuk memberi Poke, Anda harus mampir ke halaman profile teman yang ingin disapa. Setelah itu, klik “Poke” nama teman Anda.

“Plus-Plus” di Facebook

Bukan hanya untuk menjaring teman, banyak anggota Facebook juga memanfaatkan website ini sebagai alat bantu marketing. Menjelang pemilu legislatif, banyak pula orang yang memanfaatkan Facebook sebagai media berkampanye.

INTERNET MARKETING

Beberapa feature di Facebook bisa dimanfaatkan untuk “berjualan”. Di antaranya News Feed, Profile, Notes, Groups, Marketplace, dan Facebook Pages.

News Feed memungkinkan update informasi yang Anda lakukan tampil di halaman Facebook teman Anda. Anda, misalnya, bisa memasang status yang mempromosikan produk atau link website bisnis Anda. Berkat fasilitas News Feed, status itu pun bisa dilihat oleh teman Anda di halaman Facebook-nya.

Profile Anda di Facebook bisa menunjukkan ketertarikan Anda terhadap sesuatu, termasuk bisnis perusahaan Anda. Tiap orang yang terhubung dengan Anda sebagai teman di Facebook bisa membuka profile tersebut. Sebaliknya, Anda pun bisa menerapkan strategi “menjemput bola” dengan mengelompokkan kenalan-kenalan Anda yang kebetulan berminat terhadap bidang bisnis yang Anda geluti. Anda bisa menawarkan produk atau jasa Anda pada mereka melalui pesan pribadi atau lewat Wall mereka.

Notes bisa juga digunakan sebagai alat promosi Anda. Pasalnya, fasilitas ini memungkinkan Anda berbagi informasi dengan teman-teman dan jaringan Anda di Facebook.

Untuk memperkuat promosi, Anda bisa menciptakan komunitas unutuk perusahaan Anda. Halaman Groups di Facebook dapat dilengkapi dengan video. Link, komentar, serta foto yang bisa dikomentari oleh para anggotanya. Lewat Groups, Anda bisa mengirim pesan promosi kepada para anggota melalui e-mail.

Facebook menyediakan fasilitas khusus untuk membantu promosi Anda. Namanya Marketplace, Anda bisa mengaksesnya dihttp://www.facebook.com/marketplace. Di halaman ini, Anda tidak hanya bisa berpromosi, tetapi juga melihat-lihat penawaran iklan orang lain. Siapa tahu Anda menemukan produk yang Anda cari.

Kalau mau, Anda juga bisa membuat halaman sendiri untuk bisnis Anda. Gunakan feature pages di Facebook. Utnuk menciptakan Pages, masuklah ke http://www.facebook.com/pages/create.php. Beda dengan Groups, pada Facebook Pages, Anda bisa menambahkan aplikasi untuk membuatnya tampil menarik dan interaktif.

Facebook Mobile

Anda jauh dari komputer, tetapi “gatal” untuk mengakses Facebook? Anda bisa melakukannya lewat ponsel. Buka Facebook Mobile Web dihttp://m.facebook.com dari browser ponsel Anda. Anda tinggal memasukkan e-amil dan password untuk masuk ke account Facebook Mobile Anda. Dari ponsel, Anda bisa melihat notifikasi, pesan, friend request, dan undangan-undangan acara yang masuk ke account Anda.

Facebook Mobile juga menawarkan feature mobile texts dan mobile uploads. Feature pertama memungkinkan Anda menerima berita terbaru dari Facebook, terkait hal yang berhubungan dengan account Anda. Sementara dengan Facebook mobile uploads, Anda bisa meng-upload foto atau video dari ponsel ke Facebook, melalui pesan multimedia (MMS) atau email ke mobile@facebook.com.

Perlu Anda ketahui, sebelum bisa menikmati feature-feature ini, Anda harus mengaktifkan Facebook mobile Anda lewathttp://www.facebook.com.mobile. Dalam proses ini, Anda juga harus mendaftarkan nomor ponsel Anda.

Aman Menggunakan Facebook

Popularitas Facebook terus menanjak di kalangan remaja dan orang muda. Karena itu, risiko keamanan mengancam data-data Anda di Facebook pun sangat terbuka.

Feature-feature yang ada di setiap website jejaring sosial bisa jadi berbeda tampilan atau mekanismenya, misalnya feature forum, chat, email, dan instant messaging. Namun, semua feature ini disediakan agar antar pengguna website bisa saling berkomunikasi.

Salah satu kesamaan dari website-website itu, semua mewajibkan anggotanya mengisikan informasi diri mereka. Beberapa website menyediakan fasilitas pencarian orang berdasarkan kriteria tertentu. Hasil pencarian akan menampilkan data sesuai informasi yang diisikan oleh pengguna website. Hal ini pun berlaku di Facebook.

Banyak orang bergabung di Facebook dengan niat baik. Tapi, bisa jadi ada pula orang yang tak bertanggung jawab memanfaatkan website ini untuk maksud jahat, seperti menipu misalnya. Jadi, bagaimana cara Anda melindungi diri di Facebook atau website jejaring sosial lainnya?

  1. Ingatlah bahwa Internet merupakan ruang publik. Jadi, batasi posting mengenai informasi pribadi Anda. Jangan posting informasi yang bisa mengancam diri sendiri, seperti alamat, nomor telepon, dan jadwal kegiatan harian Anda.
  2. Berhatilah-hatilah dengan orang asing karena banyak orang yang menyalahgunakan Internet untuk menipu. Tak ada salahnya menaruh curiga dengna orang tak dikenal yang ingin mengajak Anda berteman, apalagi jika profile yang dipasangnya di website tidak jelas, dan hanya sekedarnya.
  3. Bersikap Skeptis Bukan Larangan di Internet. Jadi, Anda tak perlu percaya pada setiap hal yang Anda baca di sana.
  4. Jika Merasa Nyaman, Anda bisa memasukkan alamat e-mail pada profile Anda. Tapi, Anda harus mempertimbangkan kemungkinan terjadinya spam ke alamat email Anda.
  5. Tetap Pegang Etika ber-Internet. Jika Anda ingin berteman dengan orang baru, teman dari teman Anda di Facebook, misalnya, beri penjelasan. Bisa lewat pesan bahwa Anda mengetahui profile orang tersebut dari account teman Anda.
  6. Bersikaplah Dewasa. Jangan terlalu banyak “bercerita” di Facebook, terutama mengenai hal-hal yang bersifat pribadi.
  7. Bedakan Fungsi Wall dan Message. Pesan di Wall bisa dibaca oleh setiap orang yang ada jaringan Anda, sementara message tertutup untuk Anda dan teman yang dikirimi pesan. Jadi, jangan bicara tentang hal pribadi di Wall.
  8. Jangan Pernah Berpikir untuk iseng di Facebook. Misalnya, dengan membuat profile palsu. Jika ketahuan, selain bikin buruk citra Anda di mata teman-teman, juga akan membuat malu.
  9. Anak-Anak Sering Menjadi Target kejahatan di Internet. Meski kebanyakan website membatasi usia penggunanya, banyak juga anak-anak yang sengaja mendaftarkan diri ke website jejaring sosial. Karena itu, ajari adik, keponakan, atau anak Anda mengenai keamanan di Internet, agar mereka berhati-hati dengan kebiasaan online mereka.
  10. Virus juga bisa Bergabung di Facebook. Jangan sembarang percaya dan mengklik link video atau aplikasi yang di kirimi lewat pesan di Facebook Anda. Jika link berisi virus di klik, komputer akan mendownload file yang berisi virus yang bisa menginfeksi komputer dan jaringan.
Kategori:TEKNOLOGI
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: